Membuat Warga, Ini Alasan Pemkot Depok Belum Tertibkan Jukir Liar

0 Comments

Keberadaan juru parkir (Jurkir) liar acap kali membuat resah warga Kota Depok. Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, keberadaan parkir liar dan jurkir liar di Kota Depok, pernah menjadi diskusi dengan instansi lainnya. Tetapi pembahasan tersebut tak ditindaklanjuti kembali.

“Itu memang pernah dalam diskusi, melainkan ga ada follow upnya itu yang memang semestinya kerjasama dengan pihak itu tadi,” ujar Idris, Rabu (22/5/2024).

Idris menjelaskan, Pemerintah Kota Depok belum mempunyai hukum secara legal berkaitan jurkir. Menurutnya, ketersediaan parkir dari pemilik warung menjadi parkir bersama. Berbeda dengan qris slot parkir zona ruko yang sudah dikelola layak Perda Kota Depok.

“Jukir belum ada regulasinya, bukan diperbolehkan. Belum ada ketetapan regulasinya, seperti itu,” terang Idris.

Pemerintah Kota Depok berencana akan mengerjakan kajian bersama dengan Pemerintah Pusat. Tak cuma perihal jurkir, Pemerintah Kota Depok akan mengkaji kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan tak pada tempatnya.

“Kita sedang kaji dengan sentra, juga program untuk penertiban PKL,” sebut Idris.

Pemerintah Kota Depok berharap PKL yang dikerjakan penertiban, bisa dikerjakan pemberdayaan sehingga tak kembali mengerjakan pelanggaran. Pemerintah Kota Depok berharap memberdayakan PKL sehingga tak cuma sekadar menertibkan.

“PKL itu memang semestinya kita berdayakan, dari sisi bisnisnya ada, melainkan dari sisi pengaturan daerah dan letaknya ini belum ada,” terang Idris.

Tuntaskan Persoalan PKL

Idris menyuarakan, Pemerintah Kota Depok berharap membahas dan menuntaskan situasi sulit PKL. Tak cuma itu, Pemerintah Kota Depok ikut serta memikirkan memberdayakan organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Kota Depok.

“Ini semestinya kita bicarakan, kita tuntaskan, ini berkaitan dengan Ormas juga, nanti bagaimana memberdayakan mereka yang kadang-kadang, mohon maaf anggotanya juga berebut lahan ni, ini semestinya ditertibkan,” ungkap Idris.

Idris menuturkan, Pemerintah Kota Depok acap kali berkomunikasi dengan Ormas untuk mengkoordinir anggotanya. Nantinya, member Ormas akan mencontoh arahan pimpinannya yang sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Depok.

Related Posts