Service Komputer

Tips Memulai Usaha Service Komputer untuk Pemula

0 Comments

Usaha service pc bisa jadi usaha di bidang jasa yang punyai peluang bagus untuk dijalankan. Sebab, pc jadi barang elektronik yang terlampau dibutuhkan selagi ini untuk berbagai kebutuhan. Ketika pc bermasalah, tentu akan menahan pekerjaan sehingga pemiliknya perlu segera membawanya ke tukang service.

Dalam suasana seperti ini tentu akan terlampau memerlukan keberadaan service komputer. Ini merupakan peluang yang besar bagi Anda yang punyai kekuatan di dalam bidang ini untuk membuka usaha service. Lalu, bagaimana langkah memulai usaha ini?

Tips Memulai Usaha Service Komputer untuk Pemula

Inilah langkah memulai usaha service pc yang benar untuk para pemula:

1. Memiliki Keahlian Seputar Hardware dan Software

Usaha ini tidak bisa dilaksanakan oleh serampangan orang, terutama bagi mereka yang tidak punyai keahlian di bidang ini. Anda sebagai pemilik usaha atau teknisi yang bekerja bersama dengan Anda diharuskan untuk punyai keahlian di dalam menangani masalah penanganan komputer. Keahlian yang dimiliki selagi membuka usaha ini akan mempermudah Anda di dalam mendapatkan banyak pelanggan.

Untuk menaikkan keahlian yang dimiliki, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan atau training yang fokus untuk menangani masalah hardware dan software komputer. Jika sudah terlampau menguasainya bisa segera membuka usaha ini.

2. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan dan Modal

Membuka usaha ini mengharuskan Anda untuk mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Salah satu peralatan yang dibutuhkan yakni komputer. Komputer berikut perlu mendapat dukungan bersama dengan spesifikasi tinggi dan juga ditunjang dengan softfile service, seperti software antivirus, installer program, dan lebih dari satu aplikasi lainnya. Peralatan lain yang dibutuhkan yakni obeng, ampere dan peralatan lainnya.

Menjalankan usaha ini tidak cuma memerlukan keahlian atau skill saja tapi juga memerlukan modal. Modal ini jugalah yang akan digunakan untuk belanja peralatan usaha. Inilah rincian modal yang dibutuhkan untuk usaha service komputer:

  •  Modal Awal
  1. Biaya sewa tempat Rp 10.000.000
  2. Renovasi ruangan Rp 1.000.000
  3. Beli 1 set PC Rp 5.000.000
  4. Beli rak kaca Rp 3.000.000
  5. Beli hardware pc Rp 8.500.000
  6. Beli peralatan service Rp 1.000.000
    Total Rp 28.500.000

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sebesar Rp 28.500.000

  •  Biaya Operasional
  1. Biaya listrik Rp 100.000
  2. Biaya internet bulanan Rp 350.000
  3. Pembelian stok barang service Rp 500.000
  4. Biaya gaji karyawan Rp 800.000
    Total Rp 1.750.000

Biaya operasional yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 1.750.000
Jadi total modal yang perlu dikeluarkan untuk memulai usaha ini sebesar Rp 30.250.000. Namun, kuantitas modal ini bisa jadi lebih besar atau lebih kecil. Tergantung pada harga peralatan yang Anda beli dan cost lain yang bisa saja perlu Anda keluarkan.

Baca juga:

Peluang Usaha Budidaya Ikan Cupang dan Tips Sukses

Jualan Barang Elektronik Bisa Bikin Tajir Melintir, Percaya Ga?

3. Memilih Lokasi atau Tempat Usaha Service

Tips sesudah itu yakni Anda perlu segera menentukan tempat untuk membuka usaha service, bisa usaha service rumahan atau tempat service sendiri. Jika Anda menghendaki membuka usaha service bersama dengan toko sendiri sebaiknya mempersiapkan tempat bersama dengan langkah belanja bangunan atau bersama dengan langkah sewa. Namun, bila Anda menentukan usaha service rumahan artinya tidak perlu sewa tapi cuma memanfaatkan ruangan yang ada di rumah.

4. Bekerja Sama bersama dengan Toko Komputer

Anda bisa memperkenalkan fasilitas usaha service pc kepada publik bersama dengan langkah menjalin kerjasama bersama dengan toko komputer. Pertama-tama Anda perlu melacak toko pc offline selanjutnya menawarkan kerjasama untuk memperbaiki pc rusak milik toko tersebut. Bila dibutuhkan Anda juga bisa beri tambahan brosur yang memuat usaha service kepada tiap tiap pelanggan toko yang akan belanja pc di toko tersebut.

5. Gencar Melakukan Promosi

Namanya usaha baru tentu belum dikenal oleh banyak orang. Salah satu langkah yang bisa digunakan untuk memperkenalkan usaha Anda adalah bersama dengan gencar melakukan promosi. Tanpa melakukan promosi usaha yang tengah dilaksanakan tentu tidak akan bisa berkembang.

Related Posts